Senin, 17 Agustus 2020

Arti Kemerdekaan

Zaman dahulu, para rakyat Indonesia memperjuangkan kemerdekaan antara lain agar bisa beristirahat dengan nyaman, bisa beribadah tanpa ada gangguan, dan bisa menikmati waktu bersama keluarga dengan bebas. Tidak jauh berbeda dengan zaman ini.

Jika anda tidak bisa memejamkan mata dengan rileks saat malam, jika anda selalu terganggu saat beribadah, atau jika anda tidak bisa menikmati waktu dengan keluarga, maka anda masih terjajah.

Dan jika anda yang tidak tau waktu mengganggu saat jam istirahat manusia, terutama saat waktu ibadah orang-orang yang beragama, atau anda tidak bisa meluangkan waktu untuk keluarga anda apalagi menghargai waktu keluarga orang lain, maka anda sama saja dengan apa yang disebut penjajah.

Penjajah datang ke negeri kita memang membawa peradaban baru, membuat kita mengetahui bahwa potensi yang kita miliki berlimpah, memberikan "segelintir" orang kekayaan, tapi tidak memberikan kebebasan secara pribadi kepada orang-orang.

Itulah arti kemerdekaan bagiku. Jika kita tidak bisa beribadah, beristirahat, dan menikmati waktu dengan keluarga, maka kita sedang terjajah, sudah saatnya mencari kemerdekaan itu sendiri. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar